cinta part 1


CINTA……????

Wow sesuatu yang sangat menyenangkan bila bicarkan tentang cinta,

Anak SD,SMP,SMA,mahasiswa,karyawan,pegawai dsb sudah ga asing lagi dengan yang namanya cinta…

Dimana-mana terdengar lagu-lagu yang bercerita tentang cinta…ada yang sakit hati kerna cinta (sambil nagis lagi dengernya…he…he…)ada juga yang lagi berbunga-bunga kerna cinta ya tentunya sambil senyum_senyum sendiri

Ada lagi yang bilang ga bisa tidur kerna cinta..(atau jangan-jangan lagi banyak nyamuk az dirumahnya makanya g bisa tidur…)

,belum lagi acara reality show tentang cinta dan hampir semua stasiun TV local kita menyiarkan program itu..dan hebatnya lagiacara seperti itu malah jadi favorit kelurga dirumah…

Cinta memang suatu yang sangat luas(laut kale luas…)

Tapi….

Sebenarnya cinta itu apa???

Atau jangan-jangan kaya kata romeo “cinta adalah keabadian”

Atau juga seperti katanya rahul dalam film KUCH-KUCH HO TA HAI…”cinta adalah persahabatan”

Ah pusing kebanyakan difenisinya…kaya cari ayam ma telor aja yang mana yang lebih dulu…

Oke dch gimana kalo cinta kita pandang dalam sudut pandang islam aja…?

Aku rasa kebanyakan cinta malah di artikan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan makna cinta itu sendiri…

Banyak anak-anak muda sekarang mengangap cinta adalah sebuah ikatan hati dia sama pasangnya hingga banyak cewek-cewek(bukan awewek lho..he..)yang rela kehormatanya dia serahkan ya tentunya dengan alasan cinta sama cowoknya(tanpa akad nikah tentunya kalo dah akad nikah sih…siapa yang larang? malah jadi sebuah ibadah)

Dan hal yang seperti itu malah sudah jadi budaya baru bangsa kita,gak didesa atau dikota(beh parah lagi..he…)dan anehnya lagi kalo sudah perut ceweknya “tekdong” mereka dan orang tua mereka biasa-biasa aja,enjoy aja…kaya iklan L.A(eh koq malah kerokok…..)

Apa moral bangsa ini dah separah itu ya..???

Duh…kejauhan melenceng nie dari topic tapi ada kaitanya sama topic juga nanti..…(balik lagi ke topic ya…)

Cinta merupakan konsep yang paling penting dan agung dalam Islam. Mahabah atau Hubb dan kalimat yang serupa seperti mawaddah, wilayah, memainkan peranan yang sangat signifikan dalam Islam, Nabi saw dalam suatu hadist bertanya kepada para sahabat tentang apakah iman yang sejati. Sahabat tidak mampu menjawab pertanyaan itu, lalu Rasulullah saw bersabda:

“Iman yang sempurna adalah mencintai semata-mata karena Allah, membenci semata-mata karena Allah, menjadi kekasih Allah sebagai kekasihNya, dan membenci sesuatu yang dibenci-Nya.”

Nah kalo seperti yang disebutkan diatas tadi.berarti itu artinya ap ya???

Cinta dalam arti para syetan dan iblis-iblis terkutuk kale ya…?( bukan kale lagi memang iya lagi..)susah sih kalo sudah cinta dalam arti nafsu syetan,biar gimana juga pasti bawaanya kehal-hal negative yang membawa kita kejalan yang dimurkai Allah.SWT

Padahal perasaan ketertarikan kepada lawan jenis adalah sebuah nikmat yang sangat maha indah yang di anugrahkan Allah buat hambanya,hmmmm…nikmat itu malah jadi murkaNya….hmmm…nauzdubilla min dzalik…

Eh..jadi ingat sama kata-kata Jalaliddin Ar-rumi:

Kata pujangga cinta letaknya di hati. Meskipun tersembunyi, namun getarannya tampak sekali. Ia mampu mempengaruhi pikiran sekaligus mengendalikan tindakan. Sungguh, Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat. Cintalah yang mampu melunakkan besi, menghancurkan batu karang, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta

Kece banget nie kata-kata..ya tan???

Opss….tapi awas…hati-hati juga dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit(makanya ada istilah demam malarindu susah obatnya nie cuy…), orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila(kaya ada bilang bila dah cinta tai kuping rasa coklat….he..he..jorok..),bisa juga orang kaya menjadi miskin(kena porotin…he..), raja menjadi budak, kenap bisa gt???kerna,cintanya itu disambut oleh para pecinta palsu. Cinta yang tidak dilandasi kepada Allah. Itulah para pecinta dunia, harta dan wanita. Dia lupa akan cinta Allah, cinta yang begitu agung, cinta yang murni,cinta yang sesungguhnya cinta diatas semua cinta.

Seperti yang telah Allah Firmankan dalam KalamNya

“”Katakanlah, jika bapak-bapak dan anak-anakmu, saudara-saudara dan istri-istrimu, kerabat-kerabat dan hartamu, perniagaan yang kau takutkan kerugiannya, dan rumah-rumahmu lebih kau cintai daripada Allah, Rasul dan berjuang di jalan-Nya, maka tunggulah keputusan Allah, dan Allah sekali-kali tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

Pada hakekatnya semua manusia ingin dicintai oleh orang lain(apalagi dicintai sama gebetan…ngarep kale..)

Tapi seharusnya kta mengharap dicintai oleh Allah SWT. Karena cinta Allah SWT begitu tulus dan tiada berbatas.

Kadang seperti sudah disebutin diatas tadi hanya manusialah yang tak bisa menempatkan cinta Allah sebagai cinta terindah padahal cinta yang sejati hanya milik Allah SWT. manusia lebih cenderung cinta pada hal yang belum pasti pantas untuk dicintai. Banyak definisi tentang cinta,  antara lain cinta adalah pengorbanan, cinta adalah kesetiaan dll. Definisi cinta banyak artinya hampir semua penulis, filosof, dan ulama punya definisi cinta menurut pemikiran mereka. Bahkan seorang Khalil Gibran penyair asal Libanon mengatakan Cinta adalah bunga yang selalu mekar dalam segala musim. Namun ada seorang ulama dan penyair yaitu Imam Ibnu Khoil mengatakan Cinta itu tidak dapat didefinisikan tapi hakekatnya dapat dirasakan. Akan tetapi kebanyakan cinta lebih cenderung untuk di ungkapkan makna dan artinya.Dalam Islam pun ada cinta, karena Islam menebar kasih sayang dan kedamaian dalam cinta pada sesama. Hal itu terbukti di Al Qur’an pun juga membicarakan cinta. Dan cintapun dapat dirasakan dengan menangkap keindahan cinta lewat Al Qur’an dan Sunah Rosul. hal yang bisa melanggengkan cinta adalah TAQWA,  hingga kelak sampai di surga. Cinta yang tidak didasari taqwa akan tetap di hisab kelak. Karena cinta tersebut lebih condong untuk hal-hal yang menimbulkan maksiat dan syahwat. Syahwat adalah sesuatu yang melanggar dari syariah islam. Dan jadikanlah cinta itu sebagai amanah, yang selama cinta diorientasikan untuk ibadah dengan dibingkai taqwa. Maka marilah berlomba-lomba untuk meraih cinta Allah SWT, supaya mendapatkan cinta yang mampu membimbing kita untuk lebih mendekat kepada-Nya. Amien Allahuma Amien.

Jadi intinya cinta dalam islam adalah hal yang sangat indah yang mulia dan suci perasaan yang tanpa harap balas dan jauh dari nafsu birahi yang menyesatkan..(klo anak-anak remaja karang mah katanya cinta itu nafsu,tanpa nafsu hampa dan tak ada artinya…)

Sekarang kita tau bahwa cinta itu adlah fitrah manusia dan kedudukannya sangat mulia,tapi bila sudah mengarah kepada hal yang bersifat negative berarti itu adalah cinta palsu…(kaya jdul lagu nie…)so…..harus kita ingat cinta tertinggi yamg harus kita dapatkan adalah cinta dari Allah S.W.T..

Akhirnya lebih bijaklah dalam mengartikan cinta ,jangan sampai cinta itu kita artikan dengan makna yang bukan dari makna cinta…kemudian terutama bgi kaum remaja sekarang…(lebih-lebih buat cewek-cewek) jangan sampai terbujuk oleh rajuan manis manis cowok hidung belang(he..he….brarti kalo belang-belang ,kucing donk..)yang berdalih atas nama cinta…sehingga hal yang ga dibolehen agama pun terjadi..kalo mang cinta dan merasa cocok lebih baik nikah aja…islam ga ngajarkan umatnya pacaran,apalagi pacaran tiap malam minggu mojok ditempat sepi…inilah permasalahan cinta dihadapi secara serius oleh umat Islam hari ini.

Pembauran antara cinta hakiki dan cinta palsu menyebabkan umat Islam salah arti dan mengakibat Krisis cinta sejati dan lebih memilih cinta palsu yang menghanyutkan umat Islam ke lembah kehinaan dan murka Tuhan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: